BerandaLiga SpanyolBarcelona Umumkan Total Kerugian Mencapai 481 Juta Euro

Barcelona Umumkan Total Kerugian Mencapai 481 Juta Euro

Menyamakan Barcelona dengan sebuah kapal karam memang tidak berlebihan. Bagaimana tidak, selain masalah utang yang menumpuk, kini Barcelona baru saja mengumumkan defisit pemasukan parah di musim 2020/21 silam.

Lewat situs resmi klub, Barcelona mengumumkan apabila musim lalu mereka menderita kerugian sebesar 481 juta euro, sebuah rekor dalam sejarah klub. Defisit pemasukan tersebut terjadi akibat proyeksi pemasukan yang tidak sesuai. Pihak klub mencanangkan pemasukan sebesar 828 juta euro, namun hanya mendapatkan 628 juta euro. Sedangkan pengeluaran justru membeludak hingga 1,1 milyar euro.

Pandemi COVID-19 nyatanya tidak banyak berperan dalam defisit pemasukan tersebut. Pasalnya penutupan fasilitas klub dan tiket pertandingan hanya merugikan El Barca sebesar 92 juta euro, tidak sampai 25% dari total kerugian. Itu berarti, Barcelona masih tetap akan terpukul dengan kerugian 390 juta euro apabila pandemi tidak pernah terjadi.

Pengeluaran yang tidak terkontrol dari segi transfer pemain serta gaji disinyalir menjadi alasan utama defisit yang dialami Barcelona. Perlu diketahui jika pengeluaran Barcelona musim lalu mengalami kenaikan 19% dari musim 2019/20. Kabar ini menambah buruk citra Barcelona yang sudah memiliki utang sebesar 1,35 milyar euro sejauh ini. Bahkan nilai pasar klub dilaporkan mengalami penurunan drastis sebesar 451 juta euro hingga berita ini diturunkan.

Pratam
Avid European football fans since 2005. Field of expertise includes Analysis and creative articles. Hard-line supporter of German Football.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini