Bolabola.id
Bepe Menolak Disebut Legenda Timnas
Beranda ยป Bepe Menolak Disebut Legenda Timnas

Bepe Menolak Disebut Legenda Timnas

Pemain yang kerap dipanggil Bepe ini mengatakan bahwa dirinya tidak pantas menyandang predikat seorang Legenda dengan alasan dirinya tidak pernah membantu timnas meraih gelar prestisius. Meskipun dirinya merupakan pemain dengan catatan caps terbanyak di Timnas Indonesia.

Tidak hanya itu, Bepe juga menjadi pencetak gol terbanyak kedua sepanjang sejarah timnas Indonesia dengan 38 gol dari 86 pertandingan selama 13 tahun karier internasionalnya. Ia berada di bawah Soetjipto Soentoro, sosok yang kerap disebut one-man club karena sepanjang kariernya ia besar di Persija Jakarta.

Walaupun setahun setelahnya ia pindah ke PSMS Medan. Sayang, Soetjipto Soentoro akhirnya memutuskan pensiun dini di usianya yang masih 29 tahun pasca ajang Asian Games 1970 di Thailand itu.

Ungkap Gagal Sebagai Generasi

Bepe menambahkan kalau ia adalah bagian dari generasi yang gagal karena tak berhasil memberikan gelar bergengsi satu pun bagi tim Garuda sepanjang kariernya sejak 1999 hingga 2012. Pria kelahiran Semarang itu hanya pernah mempersembahkan gelar Piala Kemerdekaan pada 2009.

Dalam beberapa edisi Piala AFF, Bepe selalu masuk skuat Garuda. Ia menjadi andalan di lini depan timnas. Ia telah dua kali mengantar Timnas Indonesia melaju sampai ke final Piala AFF pada 2002 dan 2010. Bahkan pada Piala Tiger (sekarang AFF Cup) 2002, Bepe menyabet gelar top skorer turnamen dengan torehan delapan gol. Sayang, tak satu pun ia berhasil memenanginya.

Disebut Mantan Timnas Saja

Baginya, gelar merupakan aspek penting yang ingin dicapai semua pemain, terlebih sebagai persembahan bagi tim yang dibela khususnya tim nasional. Ia enggan disebut sebagai seorang legenda dan meminta dipanggil sebagai mantan pemain Timnas Indonesia saja.

“Namun pada akhirnya, barometer setiap orang berbeda. Jadi, ketika orang menilai bahwa saya atlet yang berhasil, silakan saya. Bagi saya, saya cukup puas dengan hal yang saya dapat di sepak bola. Saya harus jujur ada hal-hal yang pada akhirnya tidak dapat saya dapatkan,” imbuh pemain yang memberikan dua gelar Liga Indonesia kepada Persija Jakarta ini.

Avatar
Budiawan

Dulu saya gak hobi-hobi amat sih sama sepakbola. Tapi karena ada teman yang terus-terusan nongkrong bareng dan ngajarin tentang penulisan artikel sepak bola secara online buat bikin blog pribadi. Saya jadi keasikan untuk terus menulis...

Berikan Komentar

Today
  • 18.04.2021
  • 19.04.2021
  • 20.04.2021
  • Today 21.04.2021
  • 22.04.2021
  • 23.04.2021
  • 24.04.2021

Klasemen Sementara