BerandaLiga Eropa LainnyaLiga ChampionsFormat Liga Champions Akan Segera Alami Perubahan

Format Liga Champions Akan Segera Alami Perubahan

Para fans sepakbola pastinya merasa dibombardir oleh pemberitaan selama 24 jam terakhir. Hal ini dimulai dari keputusan 12 tim papan atas Eropa untuk menciptakan kompetisi eksklusif yang bertajuk Liga Super Eropa. Keputusan tersebut mendatangkan kontra, salah satunya dari UEFA. Kini sebagai bentuk respon, UEFA pun mengumumkan jika format Liga Champions akan mengalami perubahan.

Berdasarkan informasi di situs resmi UEFA, Liga Champions akan mengalami perubahan signifikan. Kompetisi yang tadinya diikuti oleh 32 tim akan ditambah menjadi 36 tim. UEFA juga menjamin pemasukan dengan garansi tanding di 10 laga bagi masing-masing tim (8 laga untuk Liga Europa).

Namun ubahan paling signifikan adalah penghapusan fase grup yang akan digantikan dengan sistem liga. Delapan tim teratas di klasemen akan berhak lolos langsung ke babak 16 besar. Sisa slot akan diperebutkan oleh tim yang menempati posisi ke-9 hingga 24 dengan sistem pertandingan dua leg. Format serupa juga akan diterapkan untuk Liga Europa.

Berbanding terbalik dengan Liga Super Eropa yang kabarnya siap diluncurkan dalam waktu dekat, format baru Liga Champions ini baru siap diluncurkan pada musim 2024/25.

Pratam
Avid European football fans since 2005. Field of expertise includes Analysis and creative articles. Hard-line supporter of German Football.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini