Bolabola.id
Javier Tebas Kritik Pemberhentian Ligue 1
Beranda » Javier Tebas Kritik Pemberhentian Ligue 1

Javier Tebas Kritik Pemberhentian Ligue 1

Pemberhentian dini Liga Sepak Bola Prancis, Ligue 1 untuk musim 2019/20 tidak hanya disoroti oleh public Prancis saja. Presiden La Liga, Javier Tebas, bahkan ikut memberikan kritik pedas terhadap kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Prancis itu.

Meskipun keputusan pemberhentian Ligue 1 sendiri sebenarnya belum benar-benar resmi, akan tetapi pemerintah setempat telah mengeluarkan larangan menggelar pertandingan sampai bulan September mendatang.

Prancis mengikuti langkah Belanda yang juga melarang digelarnya kompetisi olahraga maupun pentas musik sampai bulan September mendatang. Federasi Sepak Bola Belanda, KNVB, tak lama setelah itu, langsung menghentikan Eredivisie musim ini.

Sementara itu, beberapa kompetisi sepak bola lainnya seperti Premier League, Serie A, dan La Liga justru sedang dalam wacana untuk menggelar pertandingan lagi. Bahkan Liga Jerman, Bundesliga rencananya akan segera bergulir mulai awal bulan Mei ini.

Hal inilah yang membuat Tebas tidak habis pikir mengapa Prancis justru memutuskan untuk menghentikan Ligue 1 lebih awal. Menurutnya, sepak bola bukanlah aktivitas yang berbahaya seperti memancing ikan di dalam badai.

Berdampak ke Ekonomi

Pendapat Tebas bahwa liga harus dilanjutkan karena memiliki dampak kepada ekonomi di Spanyol. Tebas meyakini bahwa sepak bola merupakan aspek penting dalam perputaran ekonomi di negeri Matador. Inilah yang mendorong semua pihak terkait saling membantu demi bergulirnya kembali La Liga seperti sedia kala.

Menurut Tebas, di Spanyol, sepak bola adalah pengendara ekonomi krusial yang kudu diaktifkan kembali seperti yang lainnya. Ia mengatakan bahwa ia dan tim juga pihak-pihak yang terkait akan terus berfokus pada pengaktifan kembali, dengan sikap yang bertanggungjawab dan mengikuti rekomendasi kesehatan, secepat mungkin.

Sejauh ini puncak klasemen La Liga masih diduduki Barcelona dengan selisih dua poin atas rivalnya, Real Madrid, dari 27 pertandingan yang sudah dijalani. Peringkat ketiga diikuti Sevilla dengan 47 poin lalu disusul Real Sociedad dengan satu poin lebih sedikit di bawah Sevilla, dengan 46 poin.

Belum ada kepastian apakah akan lanjut atau dihentikan permanen. Saat ini ranah La Liga masih menunggu perkembangan pandemi corona yang memang masih mengkhawatirkan.

Avatar
Budiawan

Dulu saya gak hobi-hobi amat sih sama sepakbola. Tapi karena ada teman yang terus-terusan nongkrong bareng dan ngajarin tentang penulisan artikel sepak bola secara online buat bikin blog pribadi. Saya jadi keasikan untuk terus menulis...

Berikan Komentar

Today
  • 17.04.2021
  • 18.04.2021
  • 19.04.2021
  • Today 20.04.2021
  • 21.04.2021
  • 22.04.2021
  • 23.04.2021

Klasemen Sementara