Bolabola.id
Kisah Berbatov Dari Pemalas Hingga Drama Sir Alex Ferguson
Beranda ยป Kisah Berbatov Dari Pemalas Hingga Drama Sir Alex Ferguson

Kisah Berbatov Dari Pemalas Hingga Drama Sir Alex Ferguson

Dimitar Berbatov sudah menjadi salah satu legenda hidup sepak bola yang berasal dari Bulgaria. Meski lama berkiprah di Bundesliga, Premier League membuatnya namanya melambung, meski harus menembuh jalan yang tidak mulus.

Berbatov pertama kali tiba di Inggris ketika bergabung ke Tottenham Hotspur dari Bayer Leverkusen pada 2006. Saat itu Berbatov dinilai sebagai selah satu penyerang berbahaya di Eropa. Akan tetapi, tidak semua pihak memiliki pandangan positif terhadap pemain kelahiran Blagoevgrad tersebut.

Gaya flamboyan membuat Berbatov acap disebut pemain yang malas. Namun, dalam wawancara dengan BBC Radio 5, Berbatov mengungkapkan bahwa dia memang sengaja tampil “malas-malasan”. Menurutnya semua itu adalah bagian dari rencana permainannya.

Berbatov menjelaskan bahwa setiap orang berbeda dalam cara mereka melihat permainan dan bermain. Perbedaan saya adalah bahwa kadang-kadang Anda akan melihat saya mungkin tidak masuk ke dalam permainan, tetapi pada saat yang sama saya memindai lapangan untuk melihat di mana memposisikan diri pada saat yang tepat.

Berbatov menambahkan bahwa beberapa orang tidak memahaminya, tetapi jika cerdas, bahkan jika tak punya kecepatan, dia masih bisa cepat. Dia dapat memposisikan diri lebih baik dan lebih berguna bagi timnya.

Jika melihat Berbatov tampil, dia terkesan minim berlari. Hal ini diakui sendiri oleh sang pemain. Menurutnya, dia merupakan orang terakhir yang berlari dalam timnya.

“Tapi di dalam kepala saya berlari. Dan ketika saya melihat seseorang dalam posisi yang lebih baik daripada saya, saya selalu memberikan bola. Tidak mementingkan diri sendiri.”

Hijrah ke Premier League

Berbatov hijrah ke Inggris setelah Tottenham Hotspur mendatangkannya dari Bayern Leverkusen senilai 10,9 juta poundsterling pada 2006. Semula Berbatov tidak pernah berpikir untuk bermain di Premier League.

Saat itu, Berbatov berharap bisa bergabung dengan klub raksasa Spanyol seperti Barcelona dan Real Madrid.

Setelah enam musim bersama Tottenham, Berbatov hengkang ke Manchester United. Kala itu proses kepindahannya terbilang kontroversial.

Kontroversi Kepindahan Berbatov ke MU

Jelang dimulainya musim 2008-09, manajer Man United saat itu, Sir Alex “Fergie” Ferguson, mengatakan dirinya sangat berharap klub untuk mendatangkan Berbatov. Pernyataan Fergie tersebut langsung diprotes Tottenham. Klub asal London itu langsung melayangkan protes ke Premier League, meski Fergie membantah mengeluarkan pernyataan tersebut.

Pada akhirnya, di pengujung jendela transfer, Berbatov akhirnya memang hengkang ke Man United setelah membayar 30,75 juta poundsteling kepada Tottenham.

Bagi Berbatov, di bawah Ferguson dia tampil lebih tenang dan penuh percaya diri. Dia percaya diri karena Fergie memercayainya. Kini Berbatov masih merintis karir pasca pensiun. Menjadi pelatih merupakan pilihan yang ada dalam rencananya.

Avatar
Yoga

Wah kalau bicara soal olah raga sepak bola, buat saya bakalan ga bisa ada abisnya. Selalu saja ada informasi baru nan menarik yang bisa dijadikan bahan untuk pengisian konten berita bola online seperti yang saya sukai ini.

Berikan Komentar

Today
  • 15.04.2021
  • 16.04.2021
  • 17.04.2021
  • Today 18.04.2021
  • 19.04.2021
  • 20.04.2021
  • 21.04.2021

Klasemen Sementara