BerandaLiga InggrisMantan Manajer Liverpool Gerard Houllier Tutup Usia

Mantan Manajer Liverpool Gerard Houllier Tutup Usia

Kabar duka datang dari Gerard Houllier. Eks manajer Liverpool itu meninggal dunia dalam usia 73 tahun, Senin (14/12). Ia meninggal beberapa hari setelah menjalani operasi jantung.

Boleh dibilang, Houllier merupakan manajer yang sukses di Liverpool. Di tangan manajer asal Perancis itu, The Reds dibawanya meraih treble pada 2000/2001. Juara Piala FA, Piala Liga, dan Piala UEFA diraup Liverpool pada musim itu.

Piala UEFA 2001 menjadi laga terbaik di Eropa sepanjang sejarah. Liverpool dan Deportivo Alaves bermain ngotot untuk mendapatkan juara. Keduanya bermain menyerang, dan Liverpool juara usai menutup laga dengan skor 5-4 melalui perpanjangan waktu.

Gelar tersebut menjadi lengkap setelah Houllier berhasil membawa Liverpool juara Piala Super Eropa usai menaklukkan Bayern Munchen dengan skor 3-2.

Tidak hanya di Liverpool saja ia menjadi manajer berpengaruh, Houllier juga sempat berprestasi bersama Olympique Lyon. Houllier membawa Lyon dua kali juara Ligue 1 sekaligus Trophee des Champions 2005 dan 2006.

Houllier juga pernah meraih gelar sebagai Pelatih Terbaik Eropa 2001 dan Manajer Terbaik Ligue 1 2007. Selain Liverpool, Houllier juga pernah menangani Olympique Lyon, Paris Saint-Germain, Aston Villa, dan Timnas Perancis.

Mantan Manajer Liverpool Gerard Houllier Tutup Usia
Timur Paramyudha
Pemuda Cikini, Jakarta Pusat
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini