BerandaLiga Eropa LainnyaLiga ChampionsMulai Musim Depan, Kompetisi Eropa Tanpa Aturan Gol Tandang

Mulai Musim Depan, Kompetisi Eropa Tanpa Aturan Gol Tandang

Mekanisme kompetisi antar klub Eropa musim depan akan mengalami perubahan. Pasalnya UEFA melalui situs resmi mereka memutuskan untuk meniadakan aturan gol tandang di fase knock out untuk kompetisi Liga Champions, Liga Europa maupun UEFA Conference League.

“Merujuk kepada rekomendasi dari Komite Kompetisi Klub UEFA, Komite Eksekutif UEFA sepakat untuk memberi lampu hijau kepada penghapusan aturan gol tandang dari semua kompetisi antar klub Eropa. Aturan ini berlaku efektif mulai musim 2021/22,” tulis situs resmi UEFA.

“Gol tandang telah menjadi penentu kemenangan antara dua tim ketika keduanya memiliki jumlah gol yang sama setelah dua leg fase gugur. Pada akhirnya tim dengan keunggulan jumlah gol tandang berhak melaju ke fase selanjutnya. Kini tim akan lolos lewat perpanjangan waktu (2×15 menit), dilanjutkan adu penalti jika belum ditemukan pemenang,” tutup sumber resmi UEFA tersebut.

Sebagai informasi, peraturan gol tandang sudah diberlakukan sejak tahun 1965 silam. Laga pertama yang ditentukan oleh aturan tersebut adalah laga antara Budapest Honved melawan Dukla Prague di UEFA Winnes Cup 1965/66.

Pratam
Avid European football fans since 2005. Field of expertise includes Analysis and creative articles. Hard-line supporter of German Football.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini